Wednesday, 22 February 2017

BOOK REVIEW | Deessert - Elsa Puspita

DEESSERT
Penulis : Elsa Puspita
Penyunting : Dila Maretihaqsari
Perancang Sampul : Nocturvis
Pemeriksa Aksara : Septi Ws dan Kiki Riskita
Piñata Aksara :Nuruzzaman
Digitalisasi : R.Guruh Pamungkas
Penerbit :Bentang Pustaka
Cetakan : Pertama, Februari 2016
ISBN : 978-602-291-198-2

Hatiku dan hatimu,
tahu apa yang dipilihnya. 
Book Sinopsis :
Bagi sebagian orang, cinta SMA hanyalah salah satu kenangan masa remaja yang mudah saja untuk dilupakan. Tapi, bagaimana jika ia kembali hadir di masa kini? Dengan sosok yang jauh berbeda dari masa lalu. Lebih tampan, lebih berkarisma, dan lebih berpotensi kembali mencuri hati?
Naya begitu kaget melihat Dewa kembali ke Tanah Air, setelah selama delapan tahun sekolah dan bekerja di Australia. Karena campur tangan Lulu, sahabat sekaligus partner bisnis Naya, pria itu kini membantu mengurusi calon resto baru Naya dan Lulu, sebagai chef pastry. Namun, semuanya jadi tidak mudah. Di tengah kesibukan jelang pembukaan Dapoer Ketje, keduanya justru melancarkan aksi perang dingin dengan ego masing-masing.
Suasana makin diperparah dengan kehadiran Ava, mantan kekasih Dewa yang datang dari Australia. Juga Dipati, mantan Naya yang seorang artis. Perang dingin di antara mereka tampaknya akan meledak, memuntahkan segala ganjalan yang telah tersimpan selama bertahun-tahun. Sesuatu yang menyadarkan mereka bahwa masa lalu itu belum selesai sepenuhnya.




Deessert by Elsa Puspita

“… remaja yang sedang mabuk cinta, selalu menganggap pacaran berarti bisa bersama selamanya. Mereka tidak sadar, semua kisah harus memiliki akhir, termasuk kisah mereka. Tidak peduli sebanyak apapun ruang kosong yang disisakan.” – Naya (hlm. 62)

Pacaran dengan adik sahabatnya sendiri memang tidak mudah. Apalagi sosok yang di pacarinya itu seperti Dewa yang irit bicara dan hanya mendekam di perpustakaan sekolahnya. Namun bagi Naya itu semua tidak masalah. Hingga mereka tamat sekolah dan mengejar impian masing-masing. Dewa memutuskan untuk ke Sidney, sedangkan Naya ke Jakarta.

Hubungan mereka awalnya baik-baik saja. Komunikasi di antara mereka pun masih terjalin dengan baik, hingga suatu hari tiba-tiba saja Dewa menghilang tanpa kabar sama sekali. Puncaknya saat kepulangan Dewa untuk berlibur di tahun kedua mereka berpisah, Dewa tidak mengabarinya sama sekali. Bahkan Naya mengetahui kabartersebut dari kakak Dewa sekaligus sahabatnya Naya, Lulu. Tidak ada kata putus atau keinginan untuk mengakhiri hubungan. Semuanya terjadi begitu saja. Bagi Naya hubungannya berakhir dengan Dewa disebabkan oleh Dewa yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar.

Setelah lama merantau ke Jakarta, Naya memutuskan kembali ke kota kelahirannya. Kepulangannya kembali ke Palembang di sambut suka cita oleh Lulu, dan Lulu mengajak Naya untuk bergabung di kafe yang sedang di rancang dengan calon suaminya. Naya dengan senang hati menerimanya. Semua keperluan dan merekrut karyawan untuk kafe baru mereka mulai terpenuhi termasuk untuk nama café mereka yaitu Dapoer Ketje, hanya tinggal satu yang belum mereka dapatkan yaitu untuk posisi Pastry Chef.  Di saat yang bersamaan, Dewa juga kembali ke Palembang dengan alasan ia sudah bosan di Sidney dan ingin mencoba sesuatu yang baru dengan membuka café-nya sendiri.

Karena Dapoer Ketje belum menemukan Pastry Chef yang cocok, Lulu mengajak Dewa untuk membantunya sementara. Hingga pertemuan pertama setelah delapan tahun kembali di antara Naya dan Dewa yang sama sekali tidak tahu menahu kalau mereka akan berada di dalam satu café. Dan yang paling mengejutkan adalah 'tindakan' pertama kali yang di lakukan oleh Naya saat bertatapan mata dengan Dewa. 


Pertemuan keduanya tidak membuat mereka menjadi lebih baik. Sikap dan perang dingin menunjukkan kalau keduanya tidak ingin berbaikan. Puncaknya saat kebersamaan mereka mulai meredakan kesalahpahaman yang terjadi, tiba-tiba saja Ava muncul dan merusak segalanya dengan memperlihatkan kotak kecil yang bertuliskan tulisan Frank&Co. Di pihak lain ada Dipaty seorang artis yang juga mantan terakhirnya Naya yang ingin kembali lagi memperbaiki hubungannya dengan Naya.

***


Deessert, merupakan salah satu dari seri yummy lit dari penerbit Bentang Pustaka. Kalau sebelumnya cerita di kemas dalam bentuk makanan manis Strawberry Cheesechake, kali ini ceritanya dikemas dalam olahan Deessert dan juga bercerita tentang bagaimana pembukaan sebuah restoran. Ini pertama kalinya saya membaca karyanya Elsa Puspita. Dan saya sangat-sangat merasa puas dengan alur ceritanya serta cara penulis menuangkan ide-ide ceritanya ke dalam novel Deessert ini. Sebuah kisah yang ditulis oleh penulis begitu komplit dan sangat manis. Apalagi di tambah dengan aneka macam makanan yang dikemas dalam bentuk yang unik, membuat saya kelaparan. Sesuai dengan nama serinya,Yummy☺.

Di ceritakan dengan alur maju mundur, menjawab semua teka-teki yang terjadi di antara Naya dan Dewa sehingga tidak membuat novel ini menjadi monoton, namun malah sebaliknya. Tanda-tanya yang sempat muncul di benak saya semuanya terjawab secara perlahan  hingga akhir cerita. Alur ceritanya mengalir begitu saja dari awal hingga akhir. Apalagi didukung dengan peran pendukung dari novel ini yang mempunyai kaitan erat dengan dua tokoh utamanya membuat novel ini lebih hidup dan manis. Seperti Lulu yang menjadi penghubung antara Dewa dan Naya, apalagi dengan sikap usilnya yang selalu menggoda Naya sungguh sangat menghibur. Kemudian ada sosok Damar, kakaknya Yana, yang sangat-sangat overprotektif terhadap Yana. Sampai-sampai Yana sedang pacaran pun di intipnya ☺. Dan jangan lupakan dua sosok masa lalu kedua tokoh utamanya, Dipaty yang ingin kembali merajut hubungan dengan Naya. Dan Ava yang ingin merebut kembali apa yang pernah menjadi miliknya. Ke dua tokoh ini juga ikut mewarnai novel ini. Seakan tingkat emosi pembaca disini ikut di pertaruhkan.


Setting ceritanya di kota Palembang. Walaupun seluk beluk kota Palembang tidak diperjelas secara mendetail kecuali jembatan Ampera-nya saja, namun saya bisa menangkap kehidupan di Kota tersebut, di tambah lagi dengan adanya bahasa daerah Palembang yang di selingi sedikit di antara tokoh-tokohnya.

Novel ini menyimpan banyak teka-teki yang secara perlahan diungkap di setiap babnya. Banyak kejutan yang disimpan rapi oleh penulis. Gaya ceritanya renyah (seperti remah-remah kerupuk *hehehe). Walaupun konfliknya tidak berat, namun luar biasa dibuat gregetan. Siapapun yang membaca novel ini, khususnya buat ciwi-ciwi pasti deh langsung demen sama sosok Sadewa Banyu Sastrawirya yang talk less do more, calon suami impian  yang terampil di dapur.

Buatan Dewa yang menjadi kesukaannya Naya sepanjang masa

Pumpkin Sponge Cake (sumber gambar)

Untuk karakter favorit saya tentu saja Dewa dengan sikap dinginnya namun luar biasa dalam menghasilkan aneka makanan manis di dapur dan Naya walaupun tidak ahli di dapur, tapi jika sudah berhadapan dengan makanan Naya lah ahlinya. Naya bisa menilai cita rasa makanan dengan sangat pas. Selain dua tokoh utamanya, adalah  Damar. Berperan sebagai pengganti Ayahnya di rumah tidak membuatnya semena-mena. Damar sosok yang bertanggung jawab. Apalagi di saat Damar sedang menggalau karena pacarnya mengajaknya menikah, membuat Damar tidak langsung mengambil keputusan tapi berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarganya. Di satu sisi ingin menikah, namun di lain sisi ia merasa masih punya tanggung jawab untuk keluarganya.

Untuk bagian yang paling saya sukai adalah saat-saat dimana Dewa sedang berhadapan dengan dapur. Ntah kenapa bagi saya seorang cowok di dapur itu terlihat seksi dan saya sependapat dengan apa yang di katakaan Ava untuk Dewa. Apalagi dengan berbagai macam bentuk unik yang dihasilkan oleh Dewa, hmmmm… bener-bener deh, sangat menggiurkan. Sampai-sampai saya kepikiran, memang betulan ada ya bentuk makanan yang seperti jahe, bawang merah dan macam-macam lainnya itu di dunia nyata? Sangat takjub dengan ide pikirannya penulis. Maklum jika dibandingkan dengan kota tempat saya tinggal belum ada apa-apanya dengan Dapoer Ketje.

Brian McKnight-Marry Your Daughter (sumber)

Selain kisah Dewa dan Naya yang dibuat baper, lagu-lagu yang mewarnai hubungan masa remaja mereka dulu juga ikutan baperr. Di antara semua lagu-lagu kesukaan Dewa dan Naya, yang paling saya sukai dan sampai sekarang malah keterusan dengarnya adalah lagu Marry Your Daughter ini. Untuk Because of You - KeithMartin saya suka dengan liriknya,romantis eeuyy☺

Banyak hal yang saya dapat setelah menyelesaikan bacaan novel ini. Diantaranya:

“Satu hubungan itu harus berjalan dua arah, Dek. Nggak bisa Cuma kamu, atau cuma dia. Harus dua-duanya. Kamu nggak bisa ngarepin dia paham gitu aja. Kalau itu udah jauhan, harusnya jangan macet komunikasi.” – Lulu (hlm. 243)

Dalam sebuah hubungan tidak hanya satu orang yang berperan, namun dua belah pihak. Karena jika satu di antaranya tidak saling mendukung maka hubungan tersebut tidak ada yang menjamin akan ke depannya seperti apa.

“Niat nikah bakal datang seiring ketemunya calon yang tepat, Adikku.” – Damar (hlm.84)

So, jika belum ketemu jodoh yang tepat, jika ada yang bertanya 'kapan nikah?', berarti jawabannya nggak tahu kapan, heheheh.  Saya baru tahu tentang hal ini. Berarti hingga sekarang apa itu artinya saya juga belum menemukan jodoh yang tepat?? *plakkk, abaikan. 

Well, secara seluruhan novel ini memang asli manisnya + romance-nya juga dapat banget. Novel ini menyajikan kisah yang paket komplels banget, dimulai dari persabahatan, percintaan, keluarga, dan juga tentang kuliner. So, yang menyukai berbagai macam aneka makanan manis novel ini sangat cocok untuk di baca oleh kamu.


*psss.. di sarankan untuk di baca di saat tidak sedang lapar yaaJ. Jika tidak resikonya ditanggung masing-masing
R A T I N G

Wednesday, 15 February 2017

BOOK REVIEW | Kimi no Hitomi ni Hikari - Zachira

Kimi no Hitomi ni Hikari : Secercah cahaya di musim semi


Penulis : Zachira
Editor : Fanti Gemala
Desainer kover & ilustrasi : SAS Studio
Piñata isi : Novita Putri
Penerbit : Grasindo
Terbit : 2014
ISBN : 978-602-251-677-4

Book Sinopsis :

Sembilan tahun kuhabiskan hidupku dalam kegelapan. Merasa mustahil setitik cahaya bersedia menyelimuti dinginnya pekat yang kurasakan.

Kazu, satu-satunya yang memberiku harapan akan cahaya lain yang menawarkan kehangatan. Kazu, sekarang cahaya itu tidak lagi pergi dariku. Kegelapan bukan lagi temanku. Karena itu aku disini. Mencoba lagi menemukan cahaya kita. Menemukan cahaya kita. Mencoba percaya apa yang pernah kita miliki adalah nyata. 

Seharusnya begitu. Namun, justru saat kau berusaha meraihku, keraguan menderaku. 
Tentang siapa dirimu.
Katakan padaku, Kazu...
Siapa sebenarnya dirimu?

Kimi no Hitomi ni Hikari : Secercah cahaya di musim semi

“Selama Sembilan tahun, pemandangan yang ia saksikan detik ini hanya bisa ia bayangkan dalam mimpi. Dan saat ini, keajaiban telah membawanya pada cahaya yang sesungguhnya. Cahaya yang berwujud penglihatan.” – Rika (hlm. 7)

Rika Sawaguchi, selama sembilan tahun lamanya ia sudah merasakan yang namanya kegelapan dalam abadi yang hanya bisa dirasakan oleh segelintir orang kurang beruntung dan itu termasuk dirinya. Kekacauan yang di sebabkan oleh Ibunya sendiri menyebabkan Rika kehilangan kedua penglihatannya dan juga kebahagiaannya sendiri. Apalagi tak lama kemudian Ayahnya menyerah karena penyakit yang di deritanya karena terlalu bekerja keras demi biaya operasi mata Rika. Namun Sembilan tahun kemudian, keajaiban itu datang melalui sepupunya, Nozomu. Rika mencurigai Nozomu mendapatkan uang sebanyak itu dari hasil yang tidak benar, walaupun tidak dibenarkan oleh Nozomu, Rika tidak mempercayainya begitu saja.

Setelah kepulangannya dari rumah sakit, ketika sedang membereskan barang-barangnya, Rika melihat sebuah CD dari band terkenal Le Zenith yang minati banyak orang. Rika pernah melihatnya di papan billiboard raksasa yang menampilkan tampilan band Le Zenith, sesaat Rika merasa ada sesuatu yang menarik perhatiannya untuk melihat lebih seksama personil band tersebut, hingga tiba-tiba saja ia mendengar suara yang sangat tidak asing dan familiar dari vokalisnya, membuat jantungnya berdebar. Sesaat Rika berpikir, apakah mungkin … itu adalah sosok masa lalunya yang menjadi cahaya hidupnya semenjak tiga tahun lalu (?)

Tiga tahun lalu Bibinya yang di Tokyo mengajaknya untuk berlibur di rumahnya. Dengan dukungan dari Yuka Obaachan (nenek) dan Nozomu, Rika akhirnya pun mengiyakan, walaupun ia ragu karena kekurangannya. Di Tokyo Rika tidak pergi kemana pun karena sepupunya Yuri seakan enggan untuk berdekatan dengannya. Padahal dulunya mereka sangat akrab. Suatu hari bibinya meminta Yuri untuk mengajak Rika keluar rumah, tanpa bibinya tahu kalau Rika mengizinkan Yuri melihat konser band yang sangat disukainya, Le Zenith. Dan karena itu konser itu pula yang menyebabkan Yuri meninggalkan Rika di sebuah Café dan saat berjalan pulang ia hampir saja tertabrak kalau tidak selamatkan oleh cahaya hidupnya, Kazu.

Rika hanya tahu namanya Kazu, suka membicarakan tentang music, dan selalu mengeluhkan tentang seseorang yang bernama Goro. Sejak pertemuan pertama itu, Rika mulai memikirkan sosok Kazu dan dengan keberaniannya 2 minggu dari pertemuan Rika pun menelpon Kazu dengan sped dial nomor satu. Sejak saat itu Rika dan Kazu mulai intens berkomunikasi dan saling memberi kabar dan kegiatan apa saja yang mereka lakukan seharian. Keduanya seakan tidak menampik perasaan yang timbul dibenak masing-masing. Hingga kejadian tiga tahun lalu menghancurkan semua mimpi-mimpinya bersama Kazu.

Nozomu memintanya untuk menggantikan dirinya yang tidak bisa hadir ke acara khsusus fan Le Zenith. Awalnya Rika tidak mau, dengan paksaan akhirnya Rika mengiyakan. Dan seakan Tuhan ingin mempertemukan kebahagiaannya yang dulu sempat hilang. Di saat Rika sedang berdesak-desakkan dengan fans-fansnya Le Zenith tiba-tiba saja ada orang yang tiba-tiba saja menariknya, dan  membuantya sangat terkejut. Dan lebih dikejutkan  lagi ternyata yang menariknya adalah KAZUnya. Kazu cahaya hidupnya yang dulu ditinggalkan karena seseorang. Dan Kazunya adalah seorang vokalis dari band terkenal yang sangat digilai-gilai oleh dua sepupunya, Haru.

Di sisi lain ada seseorang yang sedang berdiri mematung melihat kejadian itu, dan merasa dirinya sudah kalah cepat. Untuk kedua kalinya ia kehilangan harapan untuk bersama Rika yang sudah di tolongnya tiga tahun lalu. Iya. Seseorang yang berdiri mematung itu adalah Kazu yang sebenarnya. Kazu yang merelakan Rika untu bersama Kazu yang lain bukan Kazu dirinya.
Siapa sebenarnya sosok Kazu yang sebenarnya?

Kebahagiaan sedang memuncak saat Haru berjanji akan memulai semuanya dari awal seperti tiga tahun lalu, tiba-tiba saja Rika dikejutkan dengan apa yang menjadi sebuah rahasia yang tidak pernah diketahuinya dari Haru dan lagi status Haru yang baru diketahuinya.

Saat semua masalah semakin rumit dan memusingkan Rika hingga membuatnya drop dan sempat mengalami kebutaan sementara, ia dibingungkan dengan sosok Kazu yang sebenarnya. Akankah Rika akan berhasil memecahkan masalahnya dan bertemu kembali dengan Kazunya yang beraroma mentol kesukaannya?

“Bukankah ini sangat ironis? Di saat aku menganggap keberadaanmu adalah cahaya bagiku, aku adalah bayangan gelap dalam hidupmu. Dan tak ada yang memungkiri hal itu.” – Rika (hlm. 3)

Kimi no Hitomi ni Hikari by Zachira

Kimi no Hitomi ni Hikari, menceritakan tentang sebuah harapan dari seseorang yang dicintai. Harapan. Pertemuan Rika dengan Kazu memberinya harapan. Harapan karena meski mereka telah berpisah, kenyataan masih tetap sama. Rasa cinta yang dimiliki Rika untuk Kazu masih ada, baik dihati Rika maupun Kazu yang juga tampak bahagia bertemu dengan dirinya (hlm. 123). Cinta tidak hanya memandang dari fisik yang sempurna, namun juga hati yang bersih. Dan hal itulah yang membuat ‘dua’ Kazu tidak bisa untuk memalingkan wajah mereka dari Rika, bahkan untuk melepaskannya pun sulit. Begitu juga dengan Rika yang sadar akan kekurangannya sendiri, namun tidak mampu untuk melupakan Kazju dari benaknya. Dan dari kisah ini juga kita bisa melihat bahwa cinta itu sederhana.

Untuk karakter tokohnya saya rasa, saya menyukai semuanya. Karena semua tokoh mempunyai peran yang sama kuatnya. Seperti halnya Kenji anggota band dari Le Zenith, walaupun Kenji bukan peran utama dalam novel ini, dengan sifatnya yang santai dan usil membuat novel ini tidak menjadi mellow. Malah ada bagian yang membuat saya gemas sekaligus kesal dengan Kenji ini karena tidak bisa menjaga mulutnya yang asal nyablak. Ada Nozomu, sepupunya Rika sekaligus yang menjadi perantara antara Rika dengan Kazu. Jika tidak ada Nozomu ntah bagaimana dengan nasib hubungan Rika dan Kazu, jadi saya sebagai fansnya Kazu ‘asli’ tentu saja sangat berterima kasih dengan Nozomu.  Ada tokoh Haru sekaligus vokalis Le Zenith yang mengaku sebagai Kazu kepada Rika. Dari awal saya memang sudah kurang sreg dengan sosok Haru ini. Haru ini terlalu banyak mengumbar janji, walaupun apa yang diucapkan memang sesuai dengan apa yang di rasakannya kepada Rika, namun sosok Fujisawa Akina tidak bisa membuatnya langsung memilih. Dibagian ini jujur saya dibuat campur aduk dan ikutan kesal dengan tingkah Haru.

“Kau tahu, Rika-chan? Serius. Kau harus membersihkan ponselmu itu. Meskipun kau itu mungkin agak jorok, tapi membiarkan debu menempel di ponselmu itu berbahaya.” – Tetsuji (hlm. 79)

Yang terakhir dan tentu saja yang paling aku sukai dari tokoh lainnya adalah Tetsuji, sang leader Le Zenith yang mempunyai rahasia yang membuat saya berdecak kagum. Dengan sikapnya yang dingin dan sedikit keras tidak membuatnya menjadi sosok yang menyebalkan namun malah sebaliknya. Saya suka cara Tetsuji menghibur Rika, bukan karena gombal, tapi memang seperti itulah gayanya Tetsuji.  Dan masih ada lagi tokoh-tokoh lainnya yang tidak kalah penting yang juga mewarnai kisah di novel ini. Seperti Yuka Oboochan, neneknya Rika.

Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga antara Tetsuji dan Rika. Namun lebih banyak di fokuskan kepada Rika, walaupun ada beberapa bagian Tetsuji juga. Di POV 3 Rika saya bisa memahami bagaimana rasa kecewanya terhadap ibunya sendiri yang tega melakukan sesuatu yang menyebabkan hancurnya keluarganya sendiri. Pertemuannya dengan Kazu dan perasaan kurang percaya dirinya sendiri karena kebutaannya yang merepotkan banyak orang terutama keluarganya sendiri dan juga Kazu. Dan juga harapannya terhadap sesuatu yang telah ditinggalkan tiga tahun yang lalu. Penulis menggambarkan perasaan dari tiap-tiap tokohnya begitu hidup, membuat saya terhanyut dengan setiap kata dan ungkapan perasaan dari tiapto kohnya terutama Rika.

“Kau mau tahu? Aku memasak sendiri karena di tempat ini ada begitu banyak kera kelaparan dan tugasku memberi makan mereka.” – Kazu
“Oh, jadi kau induk kera?” – Rika
“Hmm… semacam itu.” – Kazu (hlm. 78)

Bagian yang menjadi favorit saya. Di saat Rika menelpon Kazu untuk pertama kali, ternyata Kazu sedang memasak untuk kera. Dan kera yang dimaksud disini adalah tentu saja personil Le Zenith dan induk tentu saja sang leader yang sedang memasak untuk mereka. Hehehe ada-ada saja julukan dari Kazu untuk anggota memberinya.

Diceritakan secara alur maju dan mundur untuk masa lalu Rika yang menjadi pemicu awal dari konfliknya. Dan saya menyukai dan merasa sangat puas dengan cara penulis menjelaskan dan menggabung antara masa lalu dan masa sekarang. Tidak ada yang janggal menurut saya, semuanya terasa pas sesuai alur ceritanya. Untuk penyelesaian konfliknya terasa mengalir apa adanya sampai penyelesaian akhir dari konfliknya. Dan yang paling saya sukai dari penulis Zachira adalah ending ceritanya yang selalu mengejutkan bagi saya. Apalagi saat sebelum epilog, saya kira Rika memang berakhir dengan si itu. Tapi ternyata saya, dan saya sangat-sangat setuju kalaua Rika berakhir dengan si yang satu itu. (aawwww pasangan yang manis). Apalagi dengan kejutan-kejutan yang tak terduga dari ceritanya.

Oiya ada satu hal, yang membuat saya bertanya-tanya. Kemana ibunya Rika? Karena hanya di ceritakan sekilas tentang sosok ibunya di masa lalu. dan kemudian tidak ada pembahasan lagi. Dan itu membuat saya penasaran. Tidak ada penyelesaian antara Ibunya, nenek rika dan Rika tentang masa lalu keluarga Rika.

Setelah menyelesaikan bacaan novel ini, banyak hal yang bisa dipetik dari kisahnya Rika ini, diantaranya tentang cinta yang timbul karena terbiasa. Seseorang yang membuat kita nyaman dan terbiasa akan kehadirannya. Seperti halnya yang terjadi pada Haru.


Overall, novel yang manis untuk pecinta romance dengan sebuah harapan akan perasaan. Dan novel ini wajib untuk menjadi read-list kamu selanjutnya. 

R A T I N G


Sunday, 12 February 2017

Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.2 - Shizuru Seino


Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.2
Penulis : Shizuru Seino
Alih Bahasa : Frisian Yuniardi
Editor : Ine Martiana K.
Grafis : Pugpigpow
Penerbit : M&C!
Cetakan : Pertama, 2014
Jumlah Halaman : 168 hlm
ISBN : 978-602-266-528-1

Blurb :


Chiemi mulai akrab dengan Yui, cowok yang keren dan pintar tapi sedikit aneh. Saat tak sengaja tertidur di kereta dan terbawa sampai ke stasiun tak dikenal, Chiemi mulai mengenal bagaimana Yui yang sesungguhnya. Lalu, bagaimana hubungan Chiemi dan Hirata?



Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.2 by Shizuru Seino


Saat semester baru, kelas Chiemi dan Hirat terpisah. Karena tidak mengenal teman-teman barunya di kelas yang baru, setiap hari Chiemi sangat kesepian sampai kemudian Chiemi duduk dekat Aoi yang ceria dan Yui si tampan  keren dan pintar. 

Sejak mendapatkan teman, hari-hari Chiemi di sekolah mulai menyenangkan. Hingga suatu hari saat di perjalanan pulang ke rumah, Chiemi yang ketiduran sampai di stasiun tak dikenal dengan Yui. Tersesat berdua dan hanya benar-benar berdua membuat Chiemi mengenal sisi lain dari sosok Yui. Walaupun pintar, Chiemi yakin Yui menyimpan sesuatu di dalam dirinya. Pikirannya semakin menguat setelah melihat perlakuan ayah Yui terhadap Yui.

Melihat sikap Yui yang seakan tidak pernah terjadi apa-apa, membuat sifat pahlawan Chiemi muncul di waktu yang tidak tepat. Chiemi ingin menolong Yui dari kemurungannya yang tak terlihat. Namun, tanpa Chiemi sadari keingintahuan dan sifat penolongnya itu makin memperparah suasana antara ayah Yui dan Yui. Di lain sisi Hirata yang tanpa sengaja bertemu dengan Aoi dijalan malah semakin dekat, seakan menyisihkan Chiemi dari dunia mereka berdua.

Apa yang akan terjadi kemudian dengan Yui? Bagaimana kelanjutan hubungan Hirata dan Chiemi setelah melibatkan diantara mereka, Yui dan Aoi?

***
Jika di Vol 1 nya hanya fokus pada hubungan Chiemi dan Hirata saja, berbeda di Vol 2 muncul tokoh baru Yui dan Aoi yang semakin membuat kisah di dalamnya semakin menarik. Apalagi dengan sifat kepahlawanannya Chiemi yang tidak tahu tempat, malah memperunyam masalah hubungan Ayahnya Yui dan Yui.

Di Vol 2 ini melibatkan dua tokoh baru, yaitu Yui Kakeru, cowok keren dan pintar dari keluarga kaya, namun menyimpan sebuah misteri dari kata yang diucapkannya 'harusnya dia bunuh saja aku'. Yang kedua ada Inami Aoi, yang menyukai cowok cantik dan juga memiliki sifat yang ceria. 

Dengan adanya penambahan dua tokoh ini membuat komik Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.2 ini semakin menarik untuk dibaca. Apalagi konfliknya tidak hanya melibatkan tokoh-tokohnya saja, namun juga keluarganya Yui. Misteri di dalam kisahnya seakan mengajak pembaca untuk terus mengikuti mereka hingga akhir. Dan saya sangat menanti semoga bisa membaca sisa 2 vol lagi.

R A T I N G


Friday, 10 February 2017

Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.1 - Shizuru Seino


Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.1
Penulis : Shizuru Seino
Alih Bahasa : Frisian Yuniardi
Editor : Ine Martiana K.
Grafis : Pugpigpow
Penerbit : M&C!
Cetakan : Pertama, 2014
ISBN : 978-602-266-497-0


Blurb :

Pasangan tak terkalahkan ini kembali muncul!


Cinta Chieme dan Hirata masih sekuat dulu, tapi di semester baru, ternyata kelas mereka terpisah. Chiemi mulai merasa kesepian dan takut perasaan cinta mereka akan berubah. Keadaan tambah gawat saat Hirata terjatuh dan mengalami Amnesia!

Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol.1 by Shizuru Seino

Kalau di Pure Love Kamikaze Captain menceritakan tentang lika-liku hubungan Chiemi dan Hirata yang banyak mengalami kesulitan di sana-sini. Kali ini Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol 1 masih menceritakan tentang mereka berdua, hanya di vol 1 ini Chiemi memikirkan banyak cara agar hubungannya dengan Hirata tetap beranjut, apalagi sudah tidak satu kelas lagi. Jarang bertemu dan jarang mengobrol. Chieme takut kalau Hirata akan berubah perasaannya terhadap Chiemi. 

Yukari tiba-tiba memberi pinjaman film yang katanya harus ditonton oleh Chiemi supaya hubungannya dengan Hirata tetap awet. Awalnya Chiemi tidak yakin untuk melakukannya, namun saat berada di rumah Hirata, ternyata semuanya tidak sesuai dugaan.

Hingga di suatu hari, Chiemi reflek menendang Hirata karena Hirata memujinya 'manis'. Karena terlalu takjub dan tersipu malu-malu, Chiemi tidak sadar kalau ia sudah menendang Hirata hingga keluar melewati jendela dan Hirata tergeletak tak berdaya di halaman sekolah. (ckckck, siapa yang menyangka kalau Chiemi ternyata semakin buas di saat Hirata semakin manis ☺☺)

Bisa kalian tebak apa yang terjadi selanjutnya??

Yupp.. Hirata hilang ingatan setelah sebelumnya pingsan dan mendapat tendangan maut dari Chiemi. Yang ajaibnya, Hirata tidak mengingat semua kejadian selama hubungannya dengan Chiemi berpacaran, selain dari itu Hirata ingat semua.

Nah, bagaimana niat awal Chiemi yang ingin membuat Hirata tidak merubah perasaannya, apalagi mereka berbeda kelas? Dan sekarang Hirata malah melupakannya karena memori tentang hubungan mereka hilang.  
Bagaimana kelanjutan hubungan mereka berdua?

***
Pure Love Kamikaze Captain! Real! Vol 1 adalah komik jepang yang di terbitkan oleh M&C! pada tahun 2014 silam. Komik dengan judul aslinya 'Jyunai Tokyo Taichol Maji vol 1' ini adalah karyanya Shizuru Seino yang di terbitkan  di Jepang pertama kali pada tahun 2010 oleh penerbit Kodansha Ltd., 

Komik ini sendiri terdiri dari 4 Vol. Lumayan jadi tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan komik ini hingga tamat. Mengisahkan tentang perjuangan Yusa Chiemi untuk mengingatkan kembali ingatan Hirata, pacarnya yang amnesia. Secara keseluruhan setting-nya berada di lingkungan sekolah Chiemi dan Hirata. Tak hanya tentang Chiemi dan Hirata saja, ada Hirota yang merupakan anggota gengnya Hirata yang semakin menambah keseruan saat membaca komik ini.

Sebenarnya Komik ini sudah lama wara-wiri di Ijak (Yupp, saya membacanya di IJak). Dengan niat awal hanya ingin membaca sinopsisnya, semakin membuat penasaran di tambah lagi dengan penyakit Amnesia yang tiba-tiba muncul pada si tokoh. Untuk Cover-nya sendiri saya rasa menggambarkan sosok Chiemi yang beringas sekaligus ceria.

Dan ini pertama kalinya saya membaca Komik karyanya Shizuru Seino. Alur ceritanya asyik. 

R A T I N G 


Thursday, 9 February 2017

BOOK REVIEW | The Wedding Storm - Zachira

Penulis : Zachira
Editor : Fenti Gemala
Desainer Kover & Ilustrasi : Chyntia Yanetha
Penata Isi : Novita Putri
Penerbit : Grasindo
Terbit : 2015
Jumlah Halaman : viii + 192 hlm
ISBN : 978-602-251-901-0

Book Sinopsis :


Marriage Proposal 
Cincin pertunangan batu rubi
Calon suami keren dan karier bagus
Lamaran ke rumah
Wedding Organizer profesional
Undangan
Gaun Pengantin

Yes, I should be a very happy bride

Itulah yang dipikirkan Kirana saat kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan kuliah S2 di Spanyol. Janji pernikahannya dengan Lando, seorang sutradara film, membawanya pada harapan tentang pernikahan yang dia impikan. Tapi impiannya terancam buyar tatkala Kirana mengetahui Lando menyimpan rahasia. Rahasia fatal yang akan mengahncurkan pernikahannya. Jika Kirana tidak melakukan sesuatu, pernikahannya bisa batal atau lebih buruk, Lando akan menceraikan dirinya dan membuatnya jadi janda tidak lama setelah menikah.

Kirana bertekad tidak akan menyerah. Seharusnya ... Tapi apa jadinya jika kekacauan dan badai pra pernikahan ini membuatnya mempertanyakan lagi arti pernikahan?

Does happiness still exist if the one i love is the one who hurts me most?

The Wedding Storm

Karena berpegang teguh dengan prinsipnya sendiri yang tidak ingin berpacaran dengan temannya sendiri, membuat Kirana Herwandi sulit untuk mendapatkan teman kencan dan semacamnya. Hingga suatu hari, atas desakan teman satu apertemennya di Sevilla yaitu Stella, akhirnya Kirana mau menemani Stella ke Barcelona karena ada acara perkumpulan mahasiswa Indonesia. Namun setiba mereka di Barcelona, ternyata mereka harus ikut berpartisipasi dalam sebuah syuting film Indonesia yang kebetulan sedang mengambil proses syuting di Citadel Park.

Air Mancur La Cascada - Citadel Park, Barcelona


Saat semua orang sedang beramah tamah dengan yang lainnya, tiba-tiba pandangan Kirana jatuh pada sosok laki-laki yang sebenarnya terlihat tampan namun menjadi aneh karena memakai topi berwarna merah berlogo Manchester United dengan pakaian serba hitam yang ternyata adalah si sutrada film. Saat mata mereka bertemu Kirana merasa ada sesuatu yang lain di dalam dirinya.

Saat proses pengambilan gambar di sebuah danau, Kirana tidak pernah bernasib baik jika sudah berhadapan dengan air. Terbukti Kirana tercebur ke dalam air karena hilang keseimbangan di atas perahu. Dan dengan terpaksa memakai baju merah pinjaman dari si sutradara, Kirana terlihat seperti fans fanatic MU saja. Karena tidak percaya diri dengan pakaiannya, Kirana memilih tidak jadi ikut rombongan dengan Stella. Saat sedang memikirkan ingin pergi kemana, tiba-tiba saja si sutradara menegur sekaligus menyapanya dan mereka berkenalan dan mengobrol sesaat hingga si sutradara mengajaknya makan malam.

Pertemuan Kirana dengan si sutradara, Orlando Chrismawan berlanjut ke hubungan ntah apa namanya, Kirana pun tak paham. Karena mereka melakukan semua persis apa yang dilakukan oleh orang yang sedang berkencan. Menelusuri tempat-tempat bersejarah yang ada di Spanyol dan Salliva. Hingga saat Lando akan pulang ke Indonesia, tiba-tiba saja Lando melamarnya. Lando tidak memaksanya untuk memberi jawaban langsung, lando memberinya waktu dan Lando akan tetap menunggu jawabannya itu.

Seminggu setelah kepulangannya ke Indonesia, Kirana belum sekalipun bertemu dengan Lando. Merasa kurang yakin, apakah Lando masih menunggunya. Namun hal itu tidak membuat Kirana mundur untuk menyewa jasa WO yang kebetulan dikelola oleh kembarannya Stella, Farrel. Farrel yang awalnya dikira adalah seorang Gay karena gaya dan tingkahnya tidak memperlihatkan kalau ia cowok tulen, hanya tampilan wajahnya saja yang menegaskan kalau Farrel berjenis kelamin laki-laki.

Saat semua persiapan pernikahan sudah hampir 100% selesai, tiba-tiba saja Kirana mendapati informasi yang sangat mengejutkan dari Farrel tentang calon suaminya itu. Nama calon suaminya yang juga tertera di undangan pernikahan artis yang sedang marak dibicarakan, Jessica Malik yang calon suaminya masih dirahasiakan.

Segala cara dilakukan oleh Kirana agar Orlando tetap menikahinya. Bahkan yang konyol pun dilakukannya. Kirana terus memancing kejujuran Orlando untuk mengakui tentang pernikahannya yang lain, namun tak berhasil.

Di  sisi lain, ada Farrel, si pemilik WO dan Andrea sahabatnya yang selalu menyemangatinya. Andrea yang selalu memojokkan kaum adam yang semena-mena, apalagi seperti kelakuan Lando yang tidak bertanggung jawab dan Farrel yang berada di tengah-tengah situasi.

Belum kelar dengan masalah pernikahan yang akan menjadi kenyataan atau tidak, tiba-tiba saja Kirana dikejutkan dengan penuturan Lando atas kabar miring yang di dengarnya selama ini.

Bagaimana dengan kelanjutan pernikahan Kirana dan Lando? Apa yang dikatakan Lando? Apakah benar kalau Lando akan menikahi dua wanita (Kirana dan Jessica, si artis) dalam bulan yang sama lalu menceraikan salah satunya saat mereka sudah menikah? Tindakan gila seperti apa yang sedang dilakonin oleh Lando?

“Sebenarnya apa pernikahan itu? Bagaimana bisa orang lain melaluinya dengan penuh sukacita dan segala keindahan ala negeri dongeng, sementara bagiku bisa begini menyiksa?” – Kirana (hlm. 132)

The Wedding Storm by Zachira

WAWW… Kalau boleh jujur saya speechless baca novel ini. Ini pertama kalinya saya berkenalan dengan karyanya Zachira, dan saya dibuat takjub dan terkagum-kagum dan juga salah satu korban shock Therapy dari kisah di novel ini. Dan saya sangat-sangat menyesali karena beberapa hari yang lalu saya selalu menunda-nunda untuk membacanya. Setelah saya menyelesaikan novel ini, siapa yang menyangka kalau novel ini menyimpan sesuatu yang sangat diluar dugaan (karena sebelumnya saya memang tidak pernah googling novel ini).

Semuanya tidak terduga sama sekali (walaupun saat isu pernikahan Jessica merebak, dan pembahasan Jessica selalu berulang-ulang, saya di sini sudah curiga, pasti nantinya akan menjadi konflik puncaknya dan ada kaitannya dengan Lando. DAN tadaaa, tebakan saya benar. Yeyyy). Sedangkan untuk dibagian-bagian lainnya saya selalu menebak-nebak dan selalu saja diluar ekspektasi saya. Konflik yang campur aduk (belum kelar masalah yang satu datang lagi masalah yang baru) namun mampu membuat emosi saya naik turun. Apalagi di saat konflik puncaknya, rasanya Lando pengin banget saya rajam biar jera. Dari awal masalah yang dihadapi Kirana dengan pernikahannya memang sudah tercium tidak beres. Perkenalan singkat lalu lamaran dan rencana pernikahan. Namun lagi-lagi saya dibuat terkejut dengan penuturan Orlando, bener-bener. Kejam banget memang si Lando ini. Saya jadi menyesalkan pengaharapan Kirana terhadap pernikahannya dengan Lando. Apalagi melibatkan Farrel dan Andrea yang tak terduga.

Diceritakan dari sudut pandang orang pertama yaitu Kirana, membuat saya sangat-sangat memahami bagaimana depresi dan frustasinya Kirana. Di saat pernikahan di depan mata, masalah seakan-akan enggan untuk menjauhinya. Alur cerita yang tidak mudah ditebak membuat novel menjadi lebih menarik dan semakin dibuat penasaran, hingga saya pun enggan untuk meninggalkannya.

Kompleks Alcazar, istana kerajaan di Sevilla, Spanyol


Di awal cerita kita akan di ajak Kirana untuk ke tempat-tempat yang menarik dan bersejarah yang ada Di Spanyol dan Salliva, seperti kompleks Alcazar salah satunya. Penjelasannya pun cukup mendetail seakan kita seperti berada di tempat yang sedang mendengarkan seorang tour guide menjelaskan tempat-tempat yang kita kunjungi. Ada juga tentang pandangan Farrel tentang Bully. Saya benar-benar takjub dengan penjelasan tentang Bully di novel ini. Bully tidak hanya tentang seseorang yang di anggap lemah, tapi juga tentang menghibur teman memberi canda tawa kepada teman-teman, dan juga bisa melindungi teman yang ingin kita lindungi. Tergantung seperti apa kita mengambil makna dari perlakuan bully tersebut.

Untuk karakter favorit saya di novel ini, saya sangat mendambakan si kembar. Yang tentu saja kakak Farrel (yihuu) yang perhatian dan teman yang super duper pengertian (the best banget untuk sosok Farrel ini). Lalu ada Stella, sahabat yang rela-rela terbang jauh, selalu mensuport tidak menyalahkan atas tindakan gila Kirana. Untuk bagian favorit saya yang sangat membekas adalah pada saat tingkah konyol saudara kembar ini sedang berdebat tentang arah jalan, hehhe. Rasanya lucu sekali. Memang benar yaa, walaupun kembar bukan berarti punya watak yang kembar juga kan, pasti ada perdebatan-perdebatan kecil dan kejengkelan yang terjadi di antara keduanya.

Saya sangat penasaran dibagian akhirnya. Kenapa tiba-tiba Farrel yanga menemaninya pergi ke luar negeri?  Saat di telpon, Andrea sudah berjanji akan menjelaskna. Namun sampai di akhir cerita pun tidak di jelaskan kenapa. Yang ada malah saya lagi dan lagi di beri kejutan yang tak terduga dan bertanya-tanya. Wah-wah saya malah tidak menyangka kalau akhirnya akan jadi seperti itu.

overall, novel ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu jadikan read-list kamu selanjutnya. Benar-benar selanjutnya bukan hanya sekadar read-list. Karena di novel ini kita akan menemukan sesuatu yang baru, cerita yang berbeda namun banyak memberi kita pelajaran tentang arti sebuah pernikahan dan sebuah hubungan yang sebenarnya.


“Karena pernkahan itu buakn hanya soal cinta, Ran. Ada yang lebih penting dari sekadar cinta. It’s all about faith, teamwork, and commitment. Aku tahu cinta itu penting, tapi nggak ada yang tahu bentuk cinta itu sendiri tanpa tiga hal itu.” – Farrel (hlm. 163)

 R A T I N G


Monday, 6 February 2017

BOOK REVIEW | Dunia Tak Seindah Pelangi - Stella Ernes

Dunia Tak Seindah Pelangi
Penulis : Stella Erner
Cerita dan Ilustrasi : Stella Ernes
Penyunting : Kartika Indah Prativi
Desain : Yanyan Wijaya
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
ISBN : 978-602-249-589-5


Dunia Tak Seindah Pelangi by Stella Ernes

Dunia Tak Seindah Pelangi merupakan kumpulan cerita tentang dunia anak-anak yang seharusnya sangat menyenangkan, penuh warna-warni kehidupan yang ceria layaknya pelangi. Namun tak semua anak memiliki kisah yang menyenangkan seperti pelangi dalam hidup mereka. Seperti perceraian orang tua, kecelakaan, dan kehilangan.

Buku ini menyuguhkan delapan kisah berbeda yang kurang menyenangkan yang dihadapi oleh setap anak yang berbeda-beda. Dan di setiap cerita juga terdapat pesan-pesan untuk dijadikan pedoman bagi anak-anak.

Dunia Tak Seindah Pelangi

“Andai saja duniaku seindah elangi itu?” – Kania

Kania gadis kecil yang tidak tahu apa-apa masalah kedua orang tuanya yang selalu bertengkar membuatnya bingung apa yang sedang terjadi. Hingga suatu hari Ayah dan Ibunya memilih bercerai dan Kania memilih tinggal bersama Ibunya. Awal-awalnya memang sulit bagi Kania, namun perlahan Kania mulai bisa menerima keadaan yang terjadi di keluarganya.

“Biarlah, mungkin saja dunianya tidak selalu berpelangi. Langit yang biru pun tak kalah indah, kan?” - Kania

Kakakku Bukan Kakak Biasa

Flea memiliki seorang kakak yang bernama Floa. Sosok kakak yang tidak biasa, karena terlahir dengan penyakit Down Syndrome dimana mentalnya tidak berkembang seperti anak-anak lainnya. Floa tidak bisa melakukan hal-hal yang sebenarnya mudah. Dan itu membuat Flea kesal bukan main. Terkadang Flea membayangkan mempunyai seorang kakak yang normal, yang bisa diajak berbelanja bersama, suka bercerita dan bermain bersama. Hingga di suatu hari, tiba-tiba Flea di kejar oleh seekor anjing. Karena takut dia berlari dan anjing pun semakin mengejarnya, hingga membuat Flea ketaktan dan menangis. Floa yang sedang makan mendengar adiknya menangis, lansung mengusir dan melempar anjing itu dengan seekor ayam goreng tanpa takut akan disakiti anjing. Melihat hal itu, Flea sadar walaupun kakaknya tidak seperti kakak-kakak lainnya, tapi kakaknya sangat menyayangi dan melindungi Flea, dan Flea bangga mempunyai kakak seperti Floa.

Nyanyian Bisu

Darius dilahirkan dengan talenta bernyanyi yang luar biasa. Berbagai macam prestasi pernah diraihnya. Hingga disuatu hari, sebuah kecelakaan menyebabkan pita suaranya rusak hingga Darius tidak bisa bernyanyi lagi. Darius sangat marah dan kecewa. Ia terus mengurung diri dan tidak mau berbicara pada siapapun termasuk keluarganya.

Saat keluarganya sedang pergi. Darius pergi ke gudang untuk mencari buku bacaan lamanya. Dan disana dia melihat sebuah piano dan memainkannya. Walaupun Darius tidak mahir bermain piano tapi ia tahu permainan dasar dari piano tersebut. Sejak saat itu Darius mulai serius bermain piano dan semangatnya mulai kembali lagi. Sehingga Bundanya pun memasukkan Darius ke sekolah music. Kemahiran Darius bermain piano mulai berkembang pesat dan ia pun mulai mengikuti berbagai macam lomba piano. Seakan Darius mulai mendapatkan kembali suaranya dari bermain piano tersebut.

Kotak Kenangan

Sejak pertemuan Alika pertama kali dengan seorang gadis yang pucat dan kurus yang dikenalnya bernama Afia sedang sendirian, mulai sejak saat itu Alika dan Afia mulai bersahabat dekat. Bermain bersama, saling berbagi canda-tawa bersama. Namun ternyata dibalik keceriaan Afia, ternyata ia mengidap penyakit Leukimia yang parah sehingga umurnya tidak lama lagi. Hal itu membuat Alika sangat sedih. Hingga disuatu pagi, berita duka itu dating. Afia telah pergi untuk selama-lamanya. Alika sangat sangat terpukul dan sedih saat itu. Hingga tiba-tiba saja Ibunya Afia memberinya sebuah kotak kayu titipan dari Afia.

Saat Alika membukanya, yang ternyata berisi barang-barang kenangan Alika dan Afia dan surat dari Afia yangg ingin Alika tetap terus bersemangat dan jangan bersedih walaupun Afia sudah tidak ada disisinya, karena kenangan persahabatan mereka akan selalu tersimpan didalam hati Alika.

Kota Baruku

Ayahnya dipindah tugas ke sebuah kota kecil dan keluarga Faya harus pindah rumah. Faya marah dan sedih karena ia takut akan kehilangan teman-temannya, dan di tempat baru nantinya ia tidak akan ada teman lagi. Berbagai cara dilakukan oleh Faya agar mereka tidak jadi pindah, termasuk mogok makan berhari-hari bahkan tidak bersekolah. Namun keluarganya tetap harus pindah dan Faya pun menyerah.

Tiba dilingkungan baru, semua yang Faya takutkan tidak terjadi. Bahkan Faya mendapat lebih banyak temannya lagi. Dan Faya sangat bersyukur karena ayahnya di pindah tugaskan ke kota kecil ini. Sehingga banyak membantu penduduk yang yang sakit dan Faya sangat bangga dengan ayahnya itu karena menolong banyak orang.

Es Susu Kedelai Raka

Sejak meninggal ayah Raka, Raka membantu ibunya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dengan menjual es kedelai ke kampung-kampung dengan berkeliling setelah pulang sekolah, awalnya Raka tidak mau karena malu, tapi melihat kerja keras ibunya akhirnya Raka mau berjualan. Ibunya hanya seorang buruh cuci, dan Raka sadar kalau ia tidak bisa seperti teman-temannya yang lain yang bisa bermain setiap hari.

“Setiap manusia memiliki jalan kehidupan sendiri-sendiri, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Raka percaya jika dia terus bekerja dan bersekolah dengan giat, pasti ada jalan untuk sebuah keberhasilan kelak.” - Raka

Selamat Jalan, Nek…

Nenek yang selalu menemani hari-hari sepinya ketika orang tuanya pergi bekerja telah pergi untuk selama-lamanya. Eva sangat sedih. Karena mulai saat itu Eva akan kesepian. Biasanya Eva akan membantu neneknya memasak, berbagi cerita dengan nenek sambil menghidangkan makanan, dan neneknya selalu menemaninya belajar dan yang menyemangatinya agar tidak pantang menyerah.

Hari-hari berlalu, terkadang Eva sering membayangkan kalau neneknya sedang duduk dan menunggunya pulang sekolah. Eva masih merindukan suara neneknya. Tapi Eva berusaha untuk tetap tegar dan menerima kenyataan kalau neneknya sudah tiada. Kepergian seseorang memang menyakitkan. Dan Eva bertekad untuk bangkit dari kesedihan. Bukan berarti Eva melupakan neneknya, tapi ia menyimpan semua kenangan dengan neneknya di dalam hati.

Kamu di Mana, Kika?

Bisma sangat ingin memelihara kelinci, namun Ibunya tidak mengizinkannya karena Bisma masih kecil. Namun tiba-tiba Bibinya datang dan memberinya seekor anak kelinci. Bisma sangat senang, ia selalu bermain dengan kelinci yang diberi nama Kika itu. Kika dibebaskan di halaman rumah agar Kika bisa bermain dan berlari-lari.

Pada suatu hari, saat Bisma pulang sekolah ia tidak melihat Kika berlari menyambutnya pulang sekolah seperti biasa. Bisma pun mencari Kika,di semak-semak, di sekitar rumah namun Bisma tidak menjumpai Kika. Bisma sangat sedih dan murung. Melihat hal itu, Ibunya pun membelikan Bisma 2 kelici sekaligus sebagai ganti Kika. Bisma sangat senang dan meminta kepada ayahnya agar dibuatkan kandang supaya kelinci-kelincinya tidak hilang lagi di kemudian hari. Pertumbuhan kelinci pun semakin baik, karena Bisma memeliharanya dengan sangat baik dan penuh kasih sayang.

***

Buku ini sangat cocok dinikmati oleh anak-anak (namanya juga buku anak-anak yaa wajar laah cocok). Karena di dalamnya tidak hanya disuguhi sekadar tulisan-tuisan ceritanya saja, namun cerita-cerita tersebut di dukung dengan adanya gambar-gambar (full warna) dari setiap lembaran bukunya. Sehingga lebih memudahkan anak-anak untuk membaca dan memahami isi cerita dan juga mempertegas maksud dari isi cerita. Buku ini juga dapat memberikan andil yang cukup besar terhadap perkembangan anak, kepiawaiannya dalam mencermati bahan bacaan sejatinya akan mengahantarkan anak tersebut untuk berpikir kritis.

Setiap kisah di ceritakan dari sudut pandang orang ketiga dari tokoh-tokohnya. Bahasa yang digunakan pun sesuai dengan anak-anak sehingga memudahkan anak-anak untuk langsung bisa memahami bacaannya sendiri tanpa harus ada yang mendampingi.

Kisah-kisah yang ada pun sangat menginspirasi dan cocok untuk anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan melalui wawasan dan pengetahuan tentang lingkungan sekitarnya. Salah satunya seperti kisah Kania yang orang tuanya akan bercerai, sering mendengar dan melihat pertengkaran keduanya, sehingga membuat Kania harus berusaha bisa menerima keadaan hdupnya.


Overall, yang mempunyai adik kecil atau pun anak yang sedang dalam masa tumbuh kembangnya, buku ini sangat cocok untuk dijadikan panutan dan bacaan read-list selajutnya.

R A T I N G