Book Review | Sweet and Sour - Chintya Ildah

Konten [Tampil]

SWEET and SOUR 
Penulis : Chintya Ildah
Penyunting : Ayu Zawa
Layouter : Sinto
Cover : Andrew
Jumlah Halaman : 316 halaman 
ISBN : 978-602-6380-73-9

Blurb :

Satu sekolah gempar ketika beredar kabar Alvaro yang merupakan the most wanted guy di sekolah telah berpacaran. Bagaimana tidak? Cassanavo yang satu ini dikenal tidak pernah dikabarkan memiliki pacar, deket sama perempuan saja dia anti, selama ini malah semua perempuan yang menyatakan cinta padanya namun pasti akan langsung ditolak oleh Alvaro. Belum lagi ternyata Alvaro lah yang mengejar-ngejar gadis itu. Kisah mereka di warnai dengan bumbu asam manis konflik, cinta dan persahabatan.

"Lo pacar gue, semua orang di sekolah juga sudah tau kalau lo udah jadi pacar gue."
- Alvaro Delvan Ferdinand-

"Gue bukan pacar lo!"
-Keira Adeeva Pranata-


Kilas Balik Sweet and Sour

Sweet and Sour menceritakan tentang kisah manis ala remaja antara Keira si gadis yang biasa-biasa saja dengan Alvaro si the most wanted guy. Pertemuan pertama mereka di dermaga saat Keira ingin mengakhiri hidupnya tapi dibatalkan oleh Alvaro yang takut dengan bau darah. Karena Alvaro juga lah membuat Keira mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Bukan tanpa alasan di balik Keira nekad mengakhiri hidupnya. Kejadian di masa lalu yang terjadi pada keluarganya dan melibatkan Ayahnya sendiri sekaligus yang membuat Keira sangat membenci Ayahnya dan enggan mengunjungi Ayahnya selama di penjara. Dan karena kejadian itu juga lah yang membuatnya trauma dan harus melakukan berbagai terapi dan Keira pun kerap kali di datangi mimpi buruk masa lalu di saat ia tidur.

Alvaro dengan ketampanannya di kenal dengan sifat yang cuek dan dingin kepada cewek-cewek di sekolahnya, bahkan terdengar isu kalau Alvaro seorang Gay karena tidak pernah terlihat dekat atau bahkan terlihat teman cewek di sekitarnya. Hingga kabar mengenai Alvaro yang mendekati Keiradan bahkan mengikuti Keira kemana pun cewek itu pergi membuat satu sekolahnya gempar dan bahkan tidak percaya dengan apa yang terjadi. Karena sebelumnya tidak terlihat tanda-tanda kedekatan antara Keira dan Alvaro. 

Keira awalnya merasa risi dengan kelakuan Alvaro dan lagi orang-orang di sekolah selalu memperhatikan mereka berdua, namun perlahan mulai menerima semua perlakuan Alvaro kepadanya. Hingga suatu hari kemunculan Aldo dan pengakuannya membuat Alvaro marah besar karena Aldo merupakan viral abadinya, dan lagi seorang anak baru di sekolah mereka yang terlalu gila-gila kepada Alvaro yang bahkan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan Alvaro.

***

Sweet and Sour adalah novel khas remaja yang sangat manis antara Keira dan Alvaro yang penuh warna-warni kehidupan ala remaja. Novel ini bisa di bilang paket komplit antara keluarga, persahabatan, dan lingkungan sekolah yang membuat aku kangen dengan masa-masa SMA dulu dengan tingkah laku-laku anak-anak yang beragam. 

Di dalam novel ini juga terdapat pesan moral yang sangat penting yaitu 'memaafkan'. Ada bagian-bagian tertentu yang membuat aku tersentuh di dalam novel ini. Apalagi sikap dan perhatiannya Alvaro serta keperduliannya terhadap Keira bukan hanya sekadar karena suka atau karena Keira pacarnya, seperti misalnya dukungan Alvaro untuk memperbaiki hubungan Ayahnya dan Keira. Dan rasa melindunginya itu, .... (apa yaah) pokoknya gitu dehh. *susah ungkapinnya*.

Dan yang paling membuat novel ini sangat menarik adalah kelakuan para sahabatnya Alvaro yang buat aku geleng-geleng kepala dengan sikap sembrono mereka. Dan lagi dukungan mereka kepada Alvaro *terharuu banget* kekompakannya. Selama aku membaca buku ini, hal yang paling aku nanti-nantikan adalah bagiannya persahabatan dan interaksi mereka saat sedangberkumpul (kocak)

Walaupun alur ceritanya terkesan cepat (di bagian tertentu) dan lagi tidak ada batas atau peralihan waktu di dalam novel, terkadang membuat aku bingung dan harus mengulang baca di bagian itu, tidak membuat novel ini aku letakkan begitu saja, bahkan aku langsung membacanya tanpa menunda-nunda lagi karena sudah dibuat penasaran dengan teka-teki yang melibatkan mimpi buruk Keira dan masa lalu keluarganya. Ada satu hal yang membuat aku sangat terganggu, yaitu typo yang luar biasa. Bahkan catatan aku saat membaca buku (untuk kepentingan review) di penuhi dengan tanda-tanda di mana ada typo. Dan aku berharap semoga ke depannya penulis dan pihak penerbit bisa memperbaiki hal ini menjadi lebih baik lagi ke depan.

Overall, bagi kamu yang menyukai cerita tentangkehidupan remaja serat konflik-konflik manis dan pahitnya aku rekomendasikanbuku ini untuk di jadikan reading-list kamu selanjutnya.

#HappyReading
#HappyBlogging

R A T I N G


Related Posts

Post a Comment