Wednesday, 15 March 2017

BLOGTOUR & PLUS-PLUS | Ask Author with Makna Sinatria #ThenSheSmiles


Banner Blogtour & Plus-Plus #ThenSheSmiles

Holaa semuanya...

Nah, berhubung blogku adalah pemberhentian terakhir dari Blogtour & Plus-Plus #ThenSheSmiles, so kalian semua teman-teman jangan ada yang melewatkan kesempatan yang tidak ada duanya ini yaa ☺. (Kapan lagi coba.. Ingat!! kesempatan terakhir ada di blogku lohh)

Yang penasaran review novelnya bisa langsung klik lni saja >>



Di BlogTour kali ini aku berkesempatan bertanya langsung nihh dengan penulis Then She Smiles yaitu kak Makna Sinatria yang tentunya berkaitan dengan lahiran buku/novel perdananya. Penasaran apa saja yang aku tanyakan?? 

* Oiyaa, salah satu kakak Admin dari Penerbit Haru juga menanyakan beberapa hal terkait bukunya kak Makna lohh, 

Yukk cekidott...







Pertanyaan pertama dari aku,

Hexa dan Alena kan mempunyai hobi yang sama nih, sama-sama menyukai Fotografi. Apakah ada kesulitan tertentu ketika kakak melakukan riset fotografi untuk Then She Smiles? Atau memang kak Makna sendiri juga mempunyai hobi yang sama dengan Hexa dan Alena?

Kesulitannya di bagian menjelaskan secara detail soal tern-tern fotografi, soal grain, flare lensa, dan seterusnya. Tapi semua informasi tersedia secara online dan kebetulan adikku juga fotografer (masih belajar sih) jadi bisa juga tanya ke dia juga kalau soal fotografi professional. Kalau aku lebih tertarik sama fotografi instan, pernah nyobain punya temen dan rasanya excited banget nunggu gambarnya keluar, ini agak disinggung di halaman 81.

(Waahh keren, kalau kak Makna excited nunggu hasil gambarnya, lahh aku excited apanya dong?? Boro-boro deh bisa nunggu hasil gambar seperti kak Makna, lihat langsung kamera instannya aja belum pernah, ckckck... *puk puk Pida)


Oke, pertanyaan kedua

Apa sih yang memotivasi kakak untuk terus melanjutkan menulis Then She Smiles ini? Karena di ucapan terima kasih, kakak menulis "sebuah kisah Hexa-Alena yang di mulai dari SMA". Waawww, itu bukan waktu yang sebentar menururtku. Kalau aku jadi kakak, kemungkinan aku udah habis ide duluan untuk melanjutkan lagi menulis kisah yang sama.

Hahahaha bener juga. Tapi awalnya kisah Hexa-Alena nggak serumit ini,tipikal cerita anak SMA, dulu aku nulisnya model kisah roman cinta monyet lol. Nggak tahu kenapa aku bikin janji sama diri sendiri kalau aku mau debut sebagai penulis, harus empat karakter utama ini, pokonya harus mereka.
Basically karakter mereka cuma berubah dikit. Karena sibuk kuliah dan kerja,niat jadi penulis sempat tersisihkan, tapi begitu mulai nulis lagi, nggak mau berhenti. Meskipun bolak-balik revisi, ganti sana-sini, cari ide lagi, satu hal yang harus diterapkan pada diri sendiri: jangan pernah menyerah.

(Ckckck, luarbiasa. Salut banget kan yaa sama penulis satu ini. Aku aja jadi tersanjung sendiri nihh, baca jawabannya kak Makna *eh. INGAT ya! Jangan Pantang Menyerah. Usaha dan berdoanya juga jangan lupa)


Next, pertanyaan terakhir nih untuk kak Makna

Bagian atau adegan mana sih di novel Then She Smiles ini yang paling kakak sukai?

Aku paling suka bagian yang mereka ke Braga, habis itu hujan dan mereka berteduh di Braga Permai. Aku nulis adegan itu sambil dengerin suara hujan dan lagu sendu. Entah kenapa dapet banget suasananya.

(Aahh,, so sweet banget kan yaa.. Aku setuju dengan kak Makna. Dan menurut aku adegan di Braga itu salah satu dari sekian adegan so sweet yang ada di novel Then She Smiles)



Sekian sesi tanya-jawab aku dengan kak Makna Sinatria. Jika masih ada yang penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan lainnya, kalian bisa langsung cek ke teman-teman host blogtour #ThenSheSmiles lainnya. 



Informasi Tentang Penulis :

Makna Sinatria lahir di Klaten, 24 Januari 1990, gologan darah A, anak kedua dari empat Makna Besaudara. Menikmati menulis, membaca buku, menyelesaikan terjemahan, atau sekadar menghabiskan waktu di kedai kopi dengan secangkir kopi hangat saat hujan.
Selain menulis, juga bekerja sebagai penerjemah lepas dan editor bahasa Inggris. Saat ini sedang berusaha untuk menulis kisah lain di sela kesibukannya menempuh studi Master di SUNY Albany, New York.
*Oiya,sekadar informasi untuk kamu yang penasaran dan bertanya-tanya tentang fanart yang cantik yang ada di blogtour para host #ThenSheSmiles dan juga di Review aku sebelumnya, itu fanart-nya ASLI dari hasil karya tangannya penulis (Makna Sinatria) loh, (takjubkan?? sama aku juga. Penulisnya selain kompeten dalam menulis, menggambar juga oke punya ☺☺).
Yang ingin menyapa dan bertanya-tanya dan mungkin ada yang ingin berkenalan langsung dengan penulisnya yang cantik, kamu bisa langsung follow akun sosmed-nya.
Twitter : @MaknaKookie / Instagram : @maknaKookie 
*** 

Eitsss, jangan kemana-mana dulu, karena aku dan penerbit sekaligus penulis #ThenSheSmiles akan bagi-bagi Notes Cantik untuk satu orang yang beruntung. 

So, langsung meluncur ke link >> 



No comments:

Post a Comment