Saturday, 8 November 2014

Review Novel | Couplove - Rhein Fathia

bermula dari sebuah tulisan, terbitlah sebuah novel karyanya mbak Rhein Fathia yang imut n caem.. heheh...

Judul Novel : Coupl(ov)e
Penulis : Rhein Fathia
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 978-602-7888-12-8
Kategori : Romance

***
Bersamamu karena terniasa atau mencinta?

** Kau tahu, kenapa orang menikah selalu mendapat ucapan "Selamat Menempuh Hidup Baru"? 
Karena mereka harus meninggalkan orang-orang yang pernah mereka cintai dimasa lalu. **
[Rina - Couplove "Rhein Fathia]


"Ada yang bilang menikah itu tidak mudah, akan penuh dengan masalah. Dari masalah kecil seperti kebiasaan berbeda antara suami dan istri, sampai masalah besar menyangkut keuangan dan materi. Ada juga yang pernah berkata, menikah itu tidak susah. Mencari pasangan yang tepat, itu yang tidak mudah. Atau, menjadi sosok pasangan yang tepat ternyata lebih sulit?"
[Raka – Couplove “Rhein Fathia”]

***
Itulah yang dirasakan oleh seorang raka ketika dia memilih untuk menikah dengan sahabatnya sendiri, Halya. Mereka sama-sama terpuruk dengan kisah cinta masing-masing sehingga mereka memutuskan untuk memulai hidup dari persahabatan ke jenjang yang lebih serius, walaupun mereka menyadari keputusan yang mereka pilih tanpa didasari oleh kata-kata cinta dan tanpa satupun dari mereka untuk tidak mencampuri urusan percintaan masing-masing. 

Well, seperti itulah yang terjadi.

Raka yang ditinggalkan oleh wanita yang sangat dicintainya yaitu rina. Karena orang tua rina yang sudah mendesak cewek itu untuk segera menikah karena umur yang sudah cukup yang seperti orang timur anut takut anak perempuan mereka menjadi perawan tua karena umur yang terus bertambah tapi tidak menikah-menikah. Dengan terus desakan dari orang tuanya rina mencoba untuk memberitahu raka dan berharap raka melarangnya dan menyuruhnya untuk menunggu tapi yang didapat malah menyesakkan hati rina, raka malah menyuruhnya untuk menerima keputusan orang tuanya karena semua orang tua pasti memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Yeah tentu saja tanpa sepengetahuan rina betapa pilu dan sedihnya hati raka ketika mengetahui bahwa rina sudah dijodohkan oleh orang tuannya dan yang terberat bahwa raka harus merelakan kisah cintanya yang sudah terpendam lama untuk rina tanpa tau apa jawaban rina terhadap perasaan raka yang diungkapkan sewaktu terakhir perjumpaan diwaktu acara wisuda kelulusan mereka. Setiap hari raka harus bangkit dari kesedihan kisah cintanya hingga dia memberanikan diri untuk melamar sahabatnya sendiri Halya.

Halya yang ditinggal selamanya oleh kekasih hatinya Gilang menjelang awal yang seharusnya menjadi kebahagiaan mereka. Dimana gilang yang seharusnya datang dengan keluarganya ke bandung untuk melamar halya, tapi tak kunjung datang. Halya hidup dalam keterpurukan dan kesedihan yang hanya menatap ke luar jendela dan melihat langit dari kamarnya. Ketika halya yang sudah mulai membiasakan diri tanpa gilang walaupun terkadang hatinya kesepian yang sangat ketika merindukan sosok gilang dalam hidupnya, raka sahabatnya yang sudah belasan tahun tiba-tiba melamarnya untuk menikah.

Hubungan yang diawali dengan persahabatan panjang selama belasan tahun yang kemudian terikat oleh suatu janji dengan Tuhan dan orang-orang yang mendoakan kebahagiaan mereka ketika resepsi. Pernikahan yang mereka jalani tanpa adanya komitmen dengan embel-embel kata cinta yang menurut mereka awalnya bisa mereka jalani seperti layaknya seorang sahabat. Dan tanpa ada iikut campur dengan perasaan masing-masing dimasa lalu. hingga tiba-tiba muncul sosok rina dikehidupan mereka yang merupakan cinta pertamanya raka yang membuat mereka sadar akan kebutuhan dalam pernikahan mereka bukan karena mereka bersahabat tapi karena belum adanya pengakuan yang membuat mereka mengerti akan satu sama lainnya.

Kisah cinta halya yang selalu tidak berujung bahagia, di mulai dia berhubungan dengan senior dikampusnya dulu Riki yang berujung tak baik, karena riki berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Gilang yang hampir memberinya kebahagiaan tapi Tuhan tanpa sepegetahuan halya sudah mengatur jalan hidunya yang bukan dengan gilang orang sangat di cintainya yang memberinya kejutan-kejutan kecil yang selalu membuat halya senang tak terkendali. Raka sahabat sekaligus suaminya, awal rina berpikir mungkin tuhan punya rencana lain dengan hubungan persahabatan mereka menjadi sepasang suami istri tanpa berkomitmen dengan kata cinta, 

Inti dari cerita dinovel ini menurut aku, bahwa dalam menjalin hubungan hal terpenting yang sering orang-orang anggap remeh bahwa mengungkapkan perasaan satu sama lain itu penting, tanpa mengungkapkan itu akan menjadi lebih menyakitkan apabila ditinggalkan yang kemudian menjadi sesal dikemudian hari. Tanpa harus mengorbankan kebahagiaan diri kita sendiri demi orang yang kita cintai turut bahagia.

well, itulah hidup.. berbagai macam bentuk dan jenis dalam menjalankannya dan apa yang menjadi pilihan kita untuk menjalankan apa yang telah ditentukan oleh sang pencipta.


Wednesday, 24 September 2014

Review Novel | Cewek!!! - Esti Kinasih

Rupanya nii novel seri pertama dari Still, pantes pas gw baca novel Still pertama-tamanya tuuh nggak ngeh ma alur ceritanya, dimana tiba-tiba si Rei uda marah aja ma langen ntah apa penyebabnya, gw ngerasa aneh juga (heheh,)  rupanya dibalik Still ada novel Cewek!!!.. J
Novel Cewek!!! dan Still nii hasil karyanya mbak Esti, gw suka ma genre novelnya mbak esti, its Romantic.. heheh J alurnya pun bagus gak sakit kepala laah bagi yang baca (emank pukul2 kepala pas bacanya) J



Pemeran : Bima cs Rei & Rangga (mereka tiga nii anggota Maranoon, organisasi pecinta alam universitas sagarmatha, kalo pacaran ma Bima cs, siap-siaplah diduain.. heheh. Karena mereka lebih mentingin hobi mereka daripada pacar mereka (itu mah uda resiko J)
       Fani cs Langen & Febi (nah mereka ini yang jadi korbannya Bima cs, (hehhe) apalagi ci Langen, langen bisa kumat tuh kesalnya kalo si rangga uda mulai bicarain hobi alamnya (maklum laahh,,, mereka nii pacaran atas dasar cinta bukan karena paksaan J). Nah beda lagi dengan si fani yang malah senang kalo si bima (status pacaran yang diakui sepihak yaitu bima) lebih mentingin hobinya, karena bagi fani hidupnya lebih tenang nggak ada bima ketimbang ada bima, kebalikan fani, bima malah ke sem2 ndiri, karena bima tau si fani pastii senang kalo dia ikot organisasi alamnya, disitulah yang buat dia makin sayang aja ma si fani (heehhee J). Beda lagi dengan gaya pacarannya ala rangga dan febi J mereka tuh adem ayem aja, malah gak pernah dipermasalahkan ma si febi kalo rangga ikut kegiatan alamnya.

Pendapat gw tentang nii novel
gw suka dengan alur ceritanya menyentuh gak asal-asalan, apa lagi karakternya si bima dengan fani (its my favorite J). dinovel nii yang jadi pemeran utamanya menurut gw yaa si bima dengan si fanii laa (uda jelas-jelas pun). Lucu banget pasangan yang satu nii bikin ngegemesin.. hahha.. dimana sifatnya fani yang cuek dan keras kepala, gak pedulian ma bima (yaiyalah fani nggak peduli, pacaran aja terpaksa.. hahah) malah ngebuat bima makin suka ngerjain fani. Apalagi setiap bima ngejelasin tentang dirinya yang nggak bisa nemenin fani karena bima harus ikut organisasinya ndaki gunung, malah si faniinya bersyukur karena doanya dikabulin ma Tuhan (unik emank si fani) supaya dia nggak jumpa dengan bima. Bagi fani hidupnya jauh lebih aman dan tentram kalo nggak ada bima yang selalu nongol di depannya dengan ekspresi lebaynya itu. J
kalo pasangannya si rei & langen, rangga & febi, menurut gw mereka disini Cuma pemeran pembantu (hehhe.. yaiyaalahh dimana-mana juga kalo ada pemeran utam yaa harus wajib ada pemeran pendukungnya dongg.. kalo nggak ada, yaa nggak bakal seruu) J
perbedaan mendasar dari pasangan rei & langen Fall in love, kalo pasangannya bima & fani fall in heel (hahah).. pasangan febi & ranggan fine-fine aja no problem..  tapi pasangan nii buat kita emosi karena si febinya tuu terlalu santai hadapin si rangga, beda banget ma si langen slalu aja ma tingkat emosinya, apalagi si fani jangan tanyak... hahah 



itu aja sihh menurut gw tentang novel Cewek!!!, tapi nggak kalah seru juga ceritanya. Novel nii termasuk dari sekian novel yang gw rekomendasikan ke kawan2 yang pecinta novel banget..
okeee.. udah dulu yaa.. udah ngantuuk beuud (padahal baru jam 23.01 J heheh) mata gw nggak bersahabat niii malam..


Tuesday, 23 September 2014

Review Novel | Victory - Luna Torashyngu

tanggal gw nulis nii 22 Sep 2014 pada tau gak sihh (kcuali yg di rumahnya atau di hpnya tuu gak ada kalnder pastii gak tauu yaa… hehe) J tp mustahil sihh gak ada yg tau.. okee lanjot, capekk gw basa-basinya…

Smalam gw baca novel “Victory karyanya Luna mpek jam 1 mlm itu pun baruu stengah blm hbis lg gw bacanya, dan gw lanjut lagi td pagii siap sholat shubuh,, heheh (penasaraan siih ma ceritanya, apa lg ma raka & oti), yeaahh wlpn uda telat, nii novel pun uda lama bingit terbitnya, tp gak apa, yg penting gw uda baca, n gw happy dgn kisahnya, karena gak ngebuang-buang waktu gw tok baca ni novel.. Its okey.. J
Nii novel pertama yg gw baca yg kemudian gw buat argument & gw publish juga.. biasanya gw cm baca dan baca, krna gw emank kenyataannya gak suka nulis.. hehe.. tp skarang gw bertekad, gw hrs bisa buat 1 cerita, yaa dimulai dgn pedapat2 gw tentang novel;-novel yg gw baca. (kl ada yg kurang & berbelit2 tlg d kritik & sarannya yaa keg w, supaya gw bs memperbaikinya.. thanks.. J
Nah skrg gw mau share, sekarang gw mau ttg nii novel..


Pemeran : Raka, (yg dikirain abang kandungnya oti, padahal bukan. Mereka mengetahuinya sewaktu raka & ayahnya mau ngdonorin ginjal mereka ke oti)
Victory (Oti) – Adik Tiri Raka
Ai – Adik Kandung Raka
Bayu – Teman Sekolah Oti (yg diam2 mnyukai oti tp malah di tolak ma si oti, katanya sih krn si bayu tuuh sebenarnya suka ma si revi bkn si oti, berhubungpun si bayunya gak nyadar.. J )
Revi – kakak kelas oti yang memusuhi Oti wktu lg MOS disekolah, krn oti ngebelain si laras, dan yg si oti orang yg pertama yg berani ngelawan kakak kelasnya itu,  krn si revi tuu trmasuk org yang disegani ma murid2 di sekolah nya jgn kan cewek, cowok2nya pun pada segan berurusan dgn tuu cewek (tapi akhirnya menjadi sahabat Oti) J
Laras – Sahabat + teman curhatnya Oti
Ticka – Sahabat Oti
Pak Rudi – Ayah Tiri Oti
Mama Heny – Mama kandungnya Oti + Mama Tirinya Raka & Ai
Pak Ardi – Ayah Kandung Oti (tapi sudah meninggal)

Pendapat gw tentang nii novel
Awal ngebaca sinopsisnya tuh gw penasaran, pas si Raka suka ke si oti, kok bisa?. Emank sihh didunia ni gak da yang mustahil apalg mereka tuh sodara tiri bukan kandung, disitulah yg buat gw makin pnasaran..
Pas ngebaca bab 1,2,3 nya makin buat gw penasaran, dgn sifat yg dimiliki si oti yg suka ngenolong n ngebelain teman2nya saat ditindas ma geng si Revi cs, disitu gw mulai sk ma karakternya si oti, wlpn tomboi, cuek, tp ttap nolngin org lain tuh number one bagi oti, apalagi saat nolongin ci revi (buat trharuu berat). J
Nah kl si raka, gw suka dia krn wlpn sring kesel ma si oti tp perhatiannya tuh buat gw melayang gimana gituuu.. (mpek gw nhayalin yg gak2.. J heheh) raka aja mpek trpana dgn sifatnya si oti yg lbh mntingin orang lain dr pada dirinya sndri, dan gw lbh suka lg wkt si raka ngliatin si oti di ajang pemilihan Putri SMA Se-Indonesia disitu raka mpek takjub liad kecantikan si oti yg tersembunyi dibalik sifat tomboy dan santainya.. bkn si raka aja sih yg takjub pas ngliad oti di ajang pemilihan putri, teman2 skolah nya juga mpek terpana n gak percaya dgn kecantikannya si oti. (hhhehehe).
Pokoknya the best laah tok novelnya luna yg 1 ni, gw suka bangett mpek terharuuu juga dgn prjuangan dan kisah cintanya si oti dan si raka..
saran gw tok teman2 yg love banget ma novel, jgn mpek ketinggalan dehh baca nii novel, yakin gw gak kan nyesal & gak kan bosan juga dgn alur ceritanya.. malahan bs buat yg ngebaca jadi deg2an.. (heheh agak lebay dikit yaa) tp emank kenyataannya gituu nii novel.. J
okee.. sekian dulu pendapat gw ttg nii novel, masii bnyk siih yg mau gw bagii, tp gw capek ngetiknya nii, maunya siih lgsg cerita ke orang2 yg pengin dgrin.. hehhe..